Friends

Keblinger

Keblinger

Kejaiban Sedekah


Keajaiban Sedekah

Dengan menyebut nama Allah yang maha pengasih maha penyayang . .

Puji syukur sudah selayaknya kita ucapkan kehadirat Allah swt karena berkat rahmat dan karunia-Nya kita masih diberikan kesehatan serta  kekuatan sehingga kita bisa melakukan aktivitas kita  sehari-hari. Alhamdulillah.

Yang saat ini sedang dilanda masalah atau dalam keadaan yang tidak sesuai dengan yang diharapkan, semoga Allah mempermudahnya dan diselesaikan semua masalah, percayalah itu hanya sedikit cobaan yang diberikan Allah kepada kita sebagai hamba-Nya. Semoga kita selalu berprasangka baik terhadap-Nya..Amin..

Pada kesempatan kali ini penulis ingin berbagi sedikit tulisan mengenai keajaiban sedekah. Tak banyak orang yang tau tentang keajaiban sedekah itu sendiri, tetapi keajaiban tersebut akan kita rasakan tatkala kita merasa tentram berada dekat dengan-Nya.

Banyak sekali ayat Al-qur’an dan hadist yang menganjurkan kita untuk bersedekah seperti yang diriwayatkan oleh Ath-Thabrani bahwa rasulullah saw bersabda “ bentengilah hartamu dengan zakat, obati orang” sakit (dari kalanganmu) dengan bersedekah dan persiapkan doa untuk menghadapi datangnya bencana”.

Rasulullah menganjurkan umatnya untuk selalu bersedekah dalam melindungi hartanya. Tapi fakta nyata yang kita lihat saat ini, orang-orang melindungi hartanya bukan dengan sedekah melainkan dengan hal-hal yang berbahaya dan merepotkan. Contohnya seperti rumah yang dipagari tinggi-tinggi dan diberi pecahan kaca (beling) supaya tidak kemalingan,  dipasang CCTV supaya kalau kemalingan maling tersebut bisa terdeteksi, belum selesai sampai disitu,  tapi masih menyewa satpam untuk melindungi hartanya dari  maling, masih belum selesai juga, kemudian memelihara anjing pelacak untuk melacak maling kalo akhirnya kemalingan. Semua sangat lengkap dan serba canggih hanya karna untuk melindungi hartanya.

Sesungguhnya seseorang yang memahami keajaiban sedekah  tidak perlu melakukan hal tersebut karena ketika kita selalu bersedekah dengan mengharap ridho Allah, Allah sendiri lah yang akan menjaga harta kita. Permasalahanya adalah kita malas bersedekah hingga akhirnya Allah mengambil paksa harta yang kita miliki. Yakinkanlah bahwa semua harta  yang kita miliki adalah harta yang dititipkan Allah kepada kita, sehingga ada sebagian harta dari kita adalah hak mereka.

Terkadang kita akan lupa akan hal demikian sehingga akhirnya Allah mengambil secara paksa harta/sesuatu dari kita. Kita mungkin sering mengalami kehilangan sesuatu yang kita sayangi, baik itu kehilangan uang, barang ataupun yang lainya. Hingga akhirnya tak jarang pula kita mengeluh kepada Allah, berprasangka buruk kepada Allah, kenapa punyaku saja yang hilang ?kenapa punya dia tidak hilang ? Astagfirullah..... bisa jadi hal demikian itu karna kita kurang sedekah, kita diberi nikmat oleh Allah, akan tetapi kita lupa bersyukur akan nikmat yang diberi, jangan salahkan bila sewaktu-waktu Allah mengambil secara paksa harta dari kita.

Hakikat sedekah pada dasarnya seperti ilmu matematika (hitungan pembagian), tatkala kita sedekah 1 dan mengharap balasan 1, kita akan mendapat 1. Ketika kita sedekah 1 dan mengharap balasan 10 kita hanya akan mendapat 0,5. Akan tetapi ketika kita sedekah 1 dan tanpa mengaharap balasan alias nol (0), insya Allah, Allah akan membalasnya dengan tak terhingga... Insya Allah. Sedekah tidak berkaitan dengan mengaharap balasan, akan tetapi ketrentaman hati, hal tersebut merupakan nikmat yang sangat luar biasa.

Ketika kita dalam kesusahan maka bersedekahlah, ketika sedang sakit maka bersedekahlah, dan ketika Allah sedang menguji kita maka bersedekahlah. Kuncinya adalah posisikan niat hanya untuk mengharap ridho Allah swt dan yakin Allah akan membalas dengan berlipat ganda, Insya Allah karna Allah maha kaya.

Tulisan ini merupakan sebagian kecil dari keajaiban sedekah, masih banyak sekali keajaiban sedekah yang masih belum kita sadari. Semoga kita sebagai umat muslim membiasakan diri untuk mulai gemar bersedekah, jadikanlah sedekah sebagai kebutuhan kita sehari-hari dan gaya hidup umat islam....Insya Allah...