Friends

Keblinger

Keblinger

Apakah ada do'a yang tak dijawab oleh Allah ?

Apakah ada do’a yang tak dijawab oleh Allah ?

Kenapa do’a saya tidak kabulkan/dijawab tuhan ? apa salah saya ? apakah Allah tidak sayang kepada saya ?

Ungkapan semacam ini sering skali keluar bagi setiap manusia yang merasa do’anya tidak dijawab oleh Allah swt, apalagi saat dihadapkan oleh masalah seperti mencari pekerjaan tetapi belum dapat juga, sedang sakit tetapi tidak kunjung sembuh, udah pesen tempat buat kegiatan tetapi ketika beberapa hari mendekati kegiatan ternyata pihak gedung menginformasikan gedung tersebut dipakai oleh kegiatan pemerintahan dan kita harus mencari gedung yang lain, dan sebagainya . kadang kita mengalami hal yang tidak sesuai dengan apa yang telah kita rencanakan.

Koreksi diri masing-masing sehingga kita berpikir kenapa tuhan belum manjawab/mengabulkan do’a kita adalah langkah yang sangat positif. Yang justru salah adalah ketika kita berburuk sangka atas suatu hal yang diberikan Allah kepada kita. Kemana tuhan ini ?kenapa tidak mengabulkan do’aku ?apakah Allah tidak sayang?. Nah mari kita hentikan ungkapan seperti ini yang kemudian malah menyalahkan tuhan. Tuhan tidak pernah salah atas apa yang telah diberikan kepada kita.

Pada intinya tidak ada do’a yang tidak dijawab oleh Allah. Seakan-akan bahwa tuhan tidak mendengar do’a kita. Ketahuilah bahwa Daud pernah berkata bagaimana mungkin tuhan tidak mendengar do’a anda karna Dia lah yang menciptakan telinga. Allah lebih mengetahui apa yang kita butuhkan dari pada apa yang kita inginkan. Tidak semua yang kita inginkan akan dikabulkan oleh Allah, atau jangan-jangan menurut Allah kita belum membutuhkan apa yang kita inginkan, ingat Allah lebih mengetahui dari kita.

Langkah tepat yang harus kita lakukan ketika Allah belum mengabulkan do’a kita adalah dengan koreksi diri. Meskipun fisik kita beribadah jangan-jangan hati kita tidak beribadah ? meskipun kita sekolah/mencari ilmu jangan-jangan tujuan kita mencari ilmu hanya untuk medapatkan pekerjaan, menjadi PNS mungkin, dll,  tetapi tidak kita niatkan untuk mencari ridho Allah SWT.  Lebih mendekatkan diri kepada Allah swt selalu istiqomah, dan segala hal yang dilakukan mari kita bulatkan semata-mata hanya untuk mencari ridho Allah swt. Insya Allah itu akan lebih baik dari pada menyalahkan Allah.

Allah mempunyai cara sendiri untuk menaikan derajat keimanan para hamba-Nya. bisa jadi ketika Allah belum mengabulkan do’a kita karna Allah sedang menguji kesabaran kita. Tatkala kita lolos ujian tersebut maka beruntunglah, tatkala tidak lolos atau bahkan menyalahkan tuhan maka celakalah. Kuatkanlah iman, sehingga kita mampu menjadi hamba yang selalu berprasangka baik kepada Allah swt.. Aminnn..