Friends

Keblinger

Keblinger

Pimpinan Komisariat IMM Akbid Muhamamdiyah Kotim Mengukir Sejarah Baru

SAMPIT – Pimpinan Komisariat (Pikom) IMM Akbid Muhammadiyah Kotim mengukir sejarah baru setelah mereka menyelenggarakan pengkaderan tingkat Dasar yang  disebut  Darul Arqam Dasar (DAD). Pikom IMM Akbid Muahmmadiyah Kotim belum lama terbentuk, dan dalam sejarah berdirinya, ini adalah kali pertama mereka menyelenggarakan kegiatan DAD.

Kegiatan yang berlangsung di Balai Penataran Guru (BPG) kabupaten Kotawaringin Timur, Propinsi Kalimantan Tengah ini akan diselenggarakan pada tanggal 14-18 September 2016 dengan mengusung tema “Menciptakan kader IMM yang Berprinsip Ilmu Amaliah dan Amal Ilmiah dalam Mewujudkan Cita-cita Ikatan”.

Dalam acara pembukaan, IMMawati Diah Patmawati selaku Ketua Pelaksana menuturkan bahwa DAD adalah proses perekrutan sebagai syarat utama untuk menjadi anggota IMM sekaligus DAD pertama yang diselenggarakan Pikom IMM Akbid Muhammadiyah Kotim. “DAD ini merupakan DAD pertama yang kami selenggarakan sekaligus menjadi syarat utama untuk menjadi anggota IMM”, katanya.

Ketua Umum Pikom IMM Akbid Muhammadiyah Kotim IMMawati Musyarofah memberikan apresiasi kepada Panitia Pelaksana yang telah mengantarkan kegiatan ini sampai pada pelaksanaanya. Dia menjelaskan bahwa perkaderan seperti ini sangat bermanfaat bagi para Mahasiswa/i.  Selain dapat menimba ilmu dibangku perkuliahan kita juga mampu mengaplikasikan ilmunya dikehidupan masyarakat melalui IMM. “Mahasiswi Akbid Muhammadiyah Kotim tidak hanya mendapatkan ilmu dibangku perkulaiahan namun diharapkan mampu mengaplikasikan ilmunya dikehidupan masyarakat melalui organisasi IMM”, jelasnya.

Sedangkah Ketua Umum Pimpinan Cabang IMM Kotawaringin Timur IMMawati Ayu Oktarizza yang sekaligus menjadi Master Of Training pada kegiatan ini menuturkan bahwa Memilih IMM bukan hanya sekedar memilih tempat untuk berorganisasi atau berkegiatan, tetapi memilih prinsip hidup. Maka kader yang telah mengikrarkan diri bersama IMM harus menghidupkan IMM dalam diri kader. Beliau berpesan kepada para kader dan calon kader Pikom IMM Akbid Muhammadiyah Kotim agar selalu menjalin komunikasi yang baik terhadap lembaga dan selalu bersinergi dalam mengemban dakwah persyarikatan. “Semoga DAD angkatan pertama ini dapat benar-benar diresapi sebagai amanah perkaderan dan ilmu yang didapat agar diaplikasikan dalam kehidupan bermasyarakat”, imbuhnya.

Hadir pula pada kegiatan ini Wakil Direktur III Bidang Kemahasiswaan Akbid Muhammadiyah Kotim Ayahanda Arifin Mastur, M. Kes, yang sekaligus membuka kegiatan ini secara resmi. Beliau mengatakan bahwa kegiatan semacam ini akan mampu memupuk jiwa kepemimpinan sehingga kedepanya siap untuk menjadi pimpinan persyarikatan Muhammadiyah. “Semoga kedepanya lembaga tetap mampu menjaga IMM di kampus Akbid Muhammadiyah Kotim”, tambahnya.

IMM adalah anak dari muhammadiyah yang terus beristiqomah melakukan perubahan-perubahan yang berkemajuan dalam dunia kemahasiswaan. Keberadaan IMM adalah dalam rangka mengupayakan terciptanya akademisi islam yang berakhlak mulia sehingga terciptanya generasi pemegang estavet kepemimpinan selanjutnya baik di IMM, maupun di Muhammadiyah.  Untuk itu penanaman nilai-nilai dan identitas IMM sangat dibutuhkan dalam forum perkaderan seperti ini. Dengan nilai tri kompetensi dasar yang dimiliki IMM yaitu religiusitas, intlektualitas, dan humanitas, kader IMM diharapkan mampu mengaplikasikan nilai-nilai tersebut dengan seimbang sebagai basis gerakan. Sehingga dimasa yang akan datang terbentuklah kader-kader Muhammadiyah yang siap mengemban amanah persyariakatan dengan sebaik-baiknya.